Sabtu, 18 Juli 2009

Arti Sebuah Kesempurnaan

Beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke rumah seorang teman. Diam-diam saya merasa ingin mempunyai hidup yang sama dengannya. Sama dengan halnya pepatah, "Rumput tetangga selalu kelihatan lebih hijau." Pepatah itu memang sering terjadi dalam kehidupan nyata banyak orang. Seringkali banyak yang merasa bahwa orang lain lebih beruntung darinya atau orang lain mempunyai kesempurnaan yang dia idam-idamkan selama ini. Benar. Banyak yang menyangka kehidupan yang lain adalah kehidupan yang sempurna. Sebagai contoh, teman saya ada yang berpendapat bahwa, "Agnes Monica itu sempurna yah! Cantik, pintar, berbakat, pintar pula." Atau artis dan public figure lainnya. Masalahnya, yang sering kita lihat adalah sesuatu yang positif dari orang tersebut (yaiyalah, masa iya ada orang yang hobi mengekspos kekurangan)--yah, meskipun banyak yang melakukan hal yang sebaliknya demi mendapatkan kepopuleran semata. Banyak orang yang tidak melihat sisi lain dari seseorang. Entah, itu sisi kesepiannya atau sisi yang kita punya, tetapi justru tidak mereka punyai.

Masalah ini sering dijadikan tema sebuah film atau cerita. Meskipun banyak orang yang merasa tema itu sudah ketinggalan zaman, tetap saja hal itu terjadi di kehidupan nyata. Seperti yang saya alami. Saya merasa kehidupan orang lain rasa-rasanya lebih indah dibanding hidup saya. Hal yang saya lakukan juga sama dengan yang orang lain lakukan, hanya memandang sekilas tanpa melihat lebih dalam lagi. Sempurna. Kata tersebut terdengar indah. Namun, hal yang perlu kita ketahui adalah: seperti kecantikan, "Perfect is in the eye of beholder." No one knows what the word "perfect" refers to. Yang semestinya kita lakukan adalah bersyukur dengan yang sudah ada dan meyakininya sebagai sebuah kesempurnaan yang dianugrahkan.

2 komentar:

  1. Kesempurnaan itu hanya milik sendiri, dan tak bisa diperjualbelikan.

    BalasHapus
  2. Hmm..
    iya..
    dan belum ada yang tau dengan pasti arti kesempurnaan itu sendiri. Karena artinya sangat individualis. (jangan dikaitkan dengan makna kamus yah..) :)

    BalasHapus